Mengenal Search Engine Marketing

Search Engine Marketing merupakan salah satu pemasaran menggunakan internet dengan cara meningkatkan “visibility” website kita dalam pencarian search engine. SEM dapat dilakukan dengan mengoptimalkan SEO ( Search Engine Optimization ) off site dan on site ataupun dengan membayar iklan pada perusahaan search engine. SEM meliputi pemanfaatan layanan berbayar ( seperti Google Adwords atau big Ads ), dan SEM mempunyai cakupan lebih luas dari SEO. Istilah “search marketing” terkadang juga digunakan untuk menyebut “search engine marketing”. 

SEO mengandalkan optimasi halaman yang memiliki link terkait hasil pencarian dan mendatangkan traffic ke sebuah website tanpa berbayar. Kemudian SEM merupakan sebuah traffic, yang membayar pada sebuah platform periklanan.

Para marketer kadang ada yang akan memasang iklan bentuk teks biasanya memanfaatkan platform Google Ads/Google Adwords, Bing, dan Yahoo Gemini. Namun kini penggunaan Google Adwords atau Google Ads lebih sering digunakan dari yang lainya.

Jika Anda masih belum paham mengenai optimasi SEM ataupun SEO, Anda bisa menggunakan jasa seperti jasa SEO Semarang. Layanan ini akan membantu Anda dalam mengoptimasi SEO, SEM, dan kinerja website Anda. Sehingga dapat bersaing di halaman pertama pencarian Google.

Manfaat SEM untuk Bisnis

1. Market tersegmentasi

Penggunaan SEM secara langsung dapat memberikan peluang bagi marketer untuk dapat menyampaikan iklan yang ditayangkan langsung pada audience. Iklan sudah tersegmentasi dengan spesifik, sehingga iklan yang muncul tidak akan sia-sia. Sebagai contoh, ketika seorang marketer mempunyai produk yang berhubungan dengan cat mobil. Dia akan spesifik dalam memilih kata kunci seperti cat mobil, ataupun bisa mengarah pada kota tertentu seperti jual cat mobil Jakarta. 

2. Hasil cepat

SEM merupakan halaman iklan akan muncul pertama pada halam google dan langsung terlihat oleh para audience. Sangat berbeda dengan SEO yang memerlukan waktu yang lama sampai berbulan-bulan untuk mendapatkan sebuah leds. Dengan adanya fitur analytic pada platform periklanan, kamu dapat langsung melihat laporan berapa banyak audience yang telah mengunjungi website kamu.

3. Budget dapat disesuaikan 

SEM membantu para marketer untuk menyesuaikan pemasangan iklan dengan budget yang mereka miliki sehingga tidak perlu khawatir dalam biaya yang digunakan. Ketika biaya iklan sudah mulai menipis dari biaya yang telah ditentukan maka iklan akan otomatis berhenti. 

 

Visibility pada website penting untuk dioptimalkan 

Tempatkan posisimu pada posisi konsumen, ketika calon customer melakukan pencarian di search engine, google akan memunculkan hasil yang paling sesuai dengan kata kunci. Disinilah pentingnya visibilitas, percuma jika website menawarkan produk atau informasi yang dibutuhkan tapi muncul di halaman 10… calon customer tentunya hanya akan mengklik website yang ada pada tampilan awal saja. Pastikan calon customer dapat dengan cepat menemukan link website kamu, maka pastikan kamu memiliki strategi marketing yang baik.

 

Strategi Marketing yang Baik Akan Berdampak Besar bagi Bisnis    

Hal tersebut akan sangat tergantung pada produk atau layanan yang ditawarkan. Bagaimana target market dan seberapa ketat persaingan untuk kategori produk di dunia online. Saat ini hampir semua sebagian bisnis mengalami “impact” yang cukup signifikan dari penggunaan strategi SEM. Kunci berhasilnya SEM mempengaruhi angka sales atau penjualan pada sisi “efektifitas”.

Berikut ini pernyataan mengenai SEM lebih unggul dari pemasaran lain yaitu:

1. Tertarget secara demografis

Kamu dapat menentukan iklan dengan detail yang hanya muncul pada pengguna yang melakukan pencarian di search engine dalam kota tertentu. 

2. Tertarget hanya pada calon customer yang tertarik pada produk kamu

Seseorang yang mencari nama produk tertentu pada search engine pastinya telah memiliki ketertarikan pada produk tersebut. Tinggal website kamu dapat mengkonversinya jadi sales atau tidak.

 

Demikian pembahasan mengenai Mengenal Search Engine Marketing, semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai dunia bisnis dalam bidang online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *