Pengertian Asimilasi yang Dibahas Secara Lengkap

Istilah asimilasi sendiri terdapat dalam mata pelajaran sosiologi, untuk sebagian sudah tidak asing lagi mendengar istilah asimilasi, akan tetapi tidak sedikit dari orang yang juga belum mengerti secara detail mengenai istilah asimilasi. Nah untuk itu kali ini kami akan menjelaskan tentang asimilasi yang akan dijelaskan dengan singkat dan mudah untuk dimengerti.

 

Pengertian Asimilasi

Kata asimilasi sendiri bermula dari bahasa Inggris, yang mana dari kata “assimilation” artinya adalah pembauran, penerimaan, perpaduan, dan juga pencampuran yang harmonis. Sehingga asimilasi dapat didefinisikan sebagai proses penyesuaian bersifat asli dengan sifat yang ada lingkungan sekitar sehingga hal ini membentuk keteraturan sosial, kebiasaan dan juga budaya baru yang telah dianggap sesuai.

Jika didefinisikan secara umum, asimilasi yaitu kondisi dimana terjadinya dua pembauran 2 budaya yang mana terdapat ciri khas yang hilang dari kebudayaan tersebut sehingga hal ini akan membuat kebudayaan yang baru.

Syarat-Syarat Asimilasi

Berikut ini merupakan beberapa syarat dari asimilasi, diantaranya yaitu

  • Terdapat kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan yang berbeda
  • Terdapat interaksi sosial yang dilakukan secara langsung antar individu dengan kelompok sosial secara terus menerus
  • Terdapat perubahan dalam kebudayaan pada kelompok masyarakat yang mana sebagai upaya guna menyesuaikan diri dalam perkembangan, yang termasuk dengan penyesuaian kepada dampak globalisasi yang terjadi.

Ciri-Ciri Asimilasi

Terdapat pula ciri-ciri dari asimilasi menurut pendapat dari John Lewis Gillin dan John Philip Gillin diantaranya yaitu sebagai berikut

  • Semakin berkurangnya perbedaan yang ada pada masyarakat dikarenakan adanya usaha dalam mengurangi bahkan menghilangkan perbedaan antar individu maupun antar kelompok
  • Terdapat sebuah interaksi secara langsung yang dilakukan terus menerus antar individu terhadap kelompok masyarakat
  • Menjadi semakin erat antara kesatuan dan tindakan, sikap serta perasaan yang mana lebih mementingkan kepentingan serta tujuan bersama.
  • Terdapat kesadaran dalam setiap individu guna memberikan suatu peninjauan kepada kebudayaan lain agar dapat mewujudkan kepentingan bersama.

 

Itu saja penjelasan dari kami mengenai apa itu asimilasi secara singkat, sekian dan terima kasih.

Sumber : https://www.studinews.co.id/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *