cat glow in the dark

Panduan Cara Membuat Cat Glow In The Dark

Cat glow in the dark merupakan produk cat yang khusus digunakan untuk membuat dinding menjadi semakin menarik dan tampak berbeda. Hal ini dikarenakan dinding akan menyala pada kondisi gelap. Cat bisa Anda beli di toko bangunan.

Namun, tidak semua toko menyediakan cat ini. Biasanya hanya ada di daerah perkotaan saja, karena tidak banyak orang yang menggunakannya. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah dengan membuat sendiri di rumah. Adapun langkah-langkah membuatnya dapat mengikuti panduan di bawah ini.

 

Cara Membuat Cat Glow In The Dark

cat glow in the dark

Siapkan Bubuk Glow In The Dark

Bubuk glow in the dark adalah komponen utama yang wajib ada ketika membuat sebuah cat dinding agar mampu memancarkan cahaya dalam kegelapan. Sangat menarik bukan? Pasalnya dapat dimanfaatkan sebagai hiasan yang membuat rumah tampak lebih cantik.

Pada mulanya bubuk yang dipakai adalah fosfor. Namun, kemampuannya dalam memendarkan cahaya hanya bertahan selama 10-30 menit.

Sejak saat itulah dilakukan penelitian secara terus menerus hingga diperoleh suatu hasil yang menunjukkan bahwa bubuk strontium aluminate mempunyai kemampuan jauh lebih baik dibandingkan fosfor.

Bubuk tersebut dapat dibeli di berbagai toko kimia, toko online maupun toko bangunan. Pada umumnya ukuran partikel bubuk bervariasi mulai dari yang paling kecil hingga paling besar semua ada.

Semakin besar partikel maka kemampuannya untuk menyimpan cahaya semakin besar. Dengan demikian, cahaya akan menyala lebih lama.

Namun, cat yang dihasilkan dari bubuk berpartikel besar memiliki tekstur kasar. Berbeda jika partikel bubuk kecil maka hasil catnya bertekstur halus. Akan tetapi, cahaya yang dikeluarkan hanya mampu bertahan dalam waktu singkat.

 

Siapkan Cat Dinding

Anda juga harus memiliki cat dinding yang siap diubah menjadi cat glow in the dark. Warna cat dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Anda dapat memilih cat berwarna transparan apabila warna dari cat sebelumnya tidak ingin dihilangkan. 

Pastikan jenis produk cat tetap bisa bekerja dengan baik setelah dicampur bubuk glow in the dark. Caranya Anda cek informasi yang terdapat pada kemasan cat. 

Anda siapkan ember yang kering dan bersih. Kemudian, masukkan bubuk ke dalamnya. Adapun perbandingan antara bubuk dengan cat dinding adalah 1:5 atau jumlah bubuk 20% dari volume total cat dinding yang dipakai. 

 

Tambahkan Cat ke Ember

Cat dinding dimasukkan ke ember dengan pelan-pelan. Cat dimasukkan sambil diaduk agar dapat tercampur secara merata dengan bubuk. 

Apabila cairan terlalu kental maka bisa ditambahkan thinner sesuai kebutuhan. Bahan diaduk terus hingga semua tercampur sempurna. Anda tidak perlu takut kekuatan bubuk tersebut melemah karena kinerja bubuk justru menjadi semakin baik. 

 

Aplikasikan Cat ke Permukaan Dinding

Sistem kerja dari cat tersebut yaitu cahaya disimpan terlebih dahulu kemudian saat itu juga langsung dipendarkan. Sebelum diaplikasikan pada dinding, maka cat Anda beri cahaya agar nantinya dapat menyala pada saat kondisi ruangan gelap. 

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengaplikasikan cat pada permukaan dinding yang terkena sinar matahari langsung. 

Namun, apabila Anda juga ingin menggunakan cat untuk bagian dinding yang terhalang sinar matahari, maka Anda bisa memanfaatkan lampu ultraviolet sebagai penggantinya. 

 

Cat glow in the dark sangat mudah untuk dibuat. Bahan-bahan yang Anda butuhkan juga tidak sulit untuk dicari. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi cahaya agar bisa memendar dengan sempurna, antara lain besar kecilnya partikel dan proses mengaduk yang harus rata.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *