Stres saat Pindahan Rumah? Cobalah Atasi dengan 5 Tips Berikut Ini

Stres saat Pindahan Rumah? Cobalah Atasi dengan 5 Tips Berikut Ini

Pindahan rumah adalah salah satu hal yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Tidak jarang kita sering kecapean ketika meng-handle pindahan sendirian. Nampaknya tidak hanya tubuh yang kelelahan, pindahan rumah juga mengakibatkan kondisi psikis kita turun. 

Karena banyak hal yang harus kita urus, akhirnya stress pun tak bisa dihindari. Belum lagi bila kita sudah merasa nyaman dengan kondisi lingkungan tempat tinggal lama dan harus pergi meninggalkannya menuju ke lingkungan baru.

Stres saat Pindahan Rumah? Cobalah Atasi dengan 5 Tips Berikut Ini

Dilansir dari The Spruce, berikut ini tips yang perlu kamu lakukan saat ingin pindah ke hunian baru dan meminimalisir stres.

1.  Memberi Tambahan Waktu 

Terkadang, beragam hal mewajibkan kita untuk merapikan barang yang ada di rumah dengan waktu yang mepet. Oleh karena itu, kamu perlu memberi tambahan waktu sebelum hari H untuk mencicilnya. Mungkin bisa memberi waktu 2 bulan sebelumnya untuk persiapan. Dengan memberi tambahan waktu, stres yang akan kamu alami tidak akan begitu besar.

2. Mengajak Teman

Untuk meringankan beban tenagamu, kamu bisa meminta pertolongan beberapa temanmu. Jika memang kamu sangat membutuhkan bantuan tenaga, jangan sampai menciptakan suasana yang kurang kondusif atau membuat temanmu tertekan. Bila hal itu sampai terjadi, tentu malah menambah beban pikiranmu dan teman yang sudah rela membantumu. Jadi, ada baiknya untuk menikmati momen pindahan bersama temanmu.

3. Memiliki Plan B

Bermacam-macam hal bisa terjadi ketika kamu akan pindahan. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan plan b jika rencana awalmu tidak berjalan sesuai dengan harapan. Mungkin kamu bisa menambah list kontak dan harga jasa angkut barang pindahan cadangan, serta beberapa hal lain yang perlu dimasukkan ke plan b. Adanya plan b atau opsi alternatif ini diharapkan kamu tidak akan khawatir bila terjadi hal diluar prediksi.

4. Waktu Perpisahan

Tak bisa dipungkiri, tempat tinggal lama kita memiliki sisi historis yang sulit untuk dilupakan, kenangan manis kamu dapatkan ketika hidup bertetangga akhirnya harus ditinggalkan.

Maka luangkan sedikit waktumu untuk sekedar meminta maaf atau berterima kasih kepada lingkungan tempat tinggalmu dulu. Kamu bisa mengadakan acara di rumah untuk kumpul bersama tetangga atau kamu bisa keliling dari rumah ke rumah. Nah, kamu juga perlu meluangkan waktu sejenak setiap hari untuk jalan berkeliling di lingkunganmu. Kemudian rasakan kenangan demi kenangan dan biarkan memori itu kembali lagi. Hal Ini bisa membantu memudahkan transisi dari rumah lama ke rumah baru.

5. Tenangkan Dirimu dan Orang di Sekitarmu

Selama masa transisi ke tempat baru, mungkin kamu bisa saja abai terhadap kebutuhan dan kesehatan tubuhmu. Sibuk memilah dan memilih barang-barang membuatmu kurang istirahat atau mungkin kamu harus sering makan junk food untuk memangkas waktu. Jangan lupa tetap jaga kesehatanmu agar momen pindahan tidak menjadikanmu sakit.

 

Nah, itu dia 5 tips mengatasi stres ketika pindah rumah. Untuk kamu yang membutuhkan referensi bacaan atau kebetulan sedang membutuhkan tenaga profesional untuk pindahan rumah, kamu bisa mengunjungi link berikut ini:
https://sambalbukam.com/jasa-pindahan-rumah-surabaya-dan-sewa-truk-surabaya-harga-terjangkau/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *