Cara Ternak Ikan Manfish (Angelfish) Di Akuarium

Cara Ternak Ikan Manfish (Angelfish) di Akuarium

Cara ternak ikan manfish atau angelfish menjadi peluang besar, karena ikan asli Amerika tersebut banyak penggemarnya sebagai ikan hias. Pelaku budidaya di Indonesia juga memberi nama angelfish sebagai ikan bidadari. Mengingat corak warna indah dan cara ikan ini bergerak tenang.

Berikut adalah cara ternak ikan manfish atau angelfish atau ikan bidadari versi yang diambil dari Suksespedia.

Cara Ternak Ikan Manfish (Angelfish) Di Akuarium

1. Persiapan Kolam Pemijahan

Kolam pemijahan angelfish dapat menggunakan akuarium atau kolam biasa. Namun, cara paling praktis adalah pakai akuarium, terbuat dari kaca sehingga akan mudah mengawasi ikan.

Ukuran ideal akuarium adalah 80x40x40 cm, satu akuarium tidak cukup. Gunakan spons untuk bersihkan dinding bagian dalam, semprot desinfektan agar dinding bersih. Bersihkan dengan cara bilas, dan isi sampai tinggi air 30 cm, biarkan 24 jam. Gunakan akuarium sebagai kolam pemijahan setelahnya.

2. Seleksi Indukan Ikan Manfish

Cari ikan manfish dalam kondisi sehat, dan pilih indukan jantan juga betina. Manfish jantan punya ukuran tubuh lebih besar, bentuk kepala besar, tampak pipih jika anda lihat dari bagian punggung. Manfish jantan juga punya bentuk cembung dari mulut hingga sirip punggung.

Manfish betina justru punya tubuh dan bentuk kepala lebih kecil. Jika dari punggung, tampak perut besar dan menonjol. Sedangkan bagian sirip punggung ke mulut tampak berbentuk garis lurus.

Pilih indukan usia 7 bulan, dan cara ternak ikan manfish menunggu perut manfish betina buncit.

Cara Ternak Ikan Manfish (Angelfish) Di Akuarium

3. Pemijahan Ikan Manfish

Letakkan substrat berupa paralon sebagai tempat bertelur. Satu akuarium hanya untuk satu manfish betina dan jantan. Keduanya bekerja membersihkan permukaan paralon untuk menempelkan telur.

Manfish jantan akan bolak-balik ke atas, karena menyemprotkan sperma pada telur yang sudah dilepaskan manfish betina. Jika proses pembuahan telah selesai, pindahkan telur-telur pada tempat baru.

4. Perawatan Larva Angelfish

Agar telur tidak kembali ditelan induk manfish, pisahkan telur-telur pada akuarium khusus. Tuang methylene blue supaya tidak ada jamur parasite. Ketinggian air ideal adalah 10-15 cm.

Setelah 3 hari, tampak larva ikan dengan cadangan makanan, sehingga anda tidak perlu memberi pakan lagi. Berikan jika sudah lewat 3 hari, dengan pakan artemia atau kutu air.

Itulah cara ternak ikan manfish, sampai menghasilkan larva. Pendederan dapat anda lakukan saat usia ikan sudah 1 bulan, dengan menyiapkan aquarium 100x50x40 cm.

Bersihkan akuarium dengan cara sama seperti persiapan kolam sebelumnya dan pindahkan bibit siap pendederan. Beri pakan cacing sutera dan golongkan ikan manfish sesuai ukuran.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *