ciri ciri kanker mata

Hati-hati dengan 6 Ciri-ciri Kanker Mata Ini

Kanker identik dengan organ besar seperti paru-paru, rahim, payudara, usus dan lain sebagainya. Padahal kanker juga bisa tumbuh pada organ lain yang tidak terduga seperti pada mata. Bagaimana mengenali gejala atau ciri-ciri kanker mata? Berikut kutipannya dari deherba.com.

Penyakit kanker mata memang tidak terlalu banyak ditemukan. Namun bila tidak segera dilakukan terapi intensif, kanker mata bisa menjadi sangat mematikan. Lokasinya cukup dekat dengan organ otak hingga dengan cepat menyebar dan merusak fungsi otak secara permanen.

Kanker mata biasanya menyerang bola mata, mulai dari fungsi retina hingga jaringan limfoma mata. Kanker mata diketahui mudah menyebar ke area nasal, telinga, mulut hingga otak. Karena organ mata terbilang berukuran kecil dan perkembangan kanker relatif masif dan cepat.

Mematikan dan beresiko tinggi, tetapi bila didiagnosa lebih awal, sebenarnya potensi kesembuhannya masih relatif tinggi. Setidaknya sebelum kanker menyebar dan menyerang organ lain disekitarnya. Karenanya penting untuk kita mengenali ciri-ciri dari penyakit kanker mata.

ciri ciri kanker mata

Mengenali sedini mungkin munculnya ciri-ciri penyakit kanker mata akan membantu pasien mendiagnosa keberadaan kanker sejak awal. Hingga terapi dapat diterapkan sejak kanker belum menyebar. Adapun ciri-ciri kanker mata sebagai berikut.

Penglihatan memburuk

Ciri-ciri kanker mata yang sulit dibedakan dari jenis keluhan mata lain adalah memburuknya penglihatan. Tetapi, penglihatan yang memburuk di sini tidak bisa diatasi dengan kacamata. Karena penglihatan disini cenderung akan tampak tidak fokus, berbayang, buram, suram, seperti cahaya kurang atau tampak bertabir.

Adanya benjolan

Kanker selalu ditandai dengan terbentuknya massa yang masif, tidak beraturan dan terasa nyeri. Bila Anda menemukan adanya benjolan di mata yang teraba atau terlihat segera periksakan diri. Namun kadang benjolan tidak muncul di permukaan tetapi terasa seperti benda mengganjal yang tidak kunjung hilang. Benjolan bisa jadi hanya kista atau tumor kecil, tetapi sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri.

Melihat kilatan cahaya

Beberapa pasien juga mengalami gangguan dengan kilatan cahaya yang muncul sesekali. Kilatan cahaya adalah efek dari fungsi penangkap cahaya yang tidak lagi normal. Hingga cahaya tampak berpendar namun kemudian tampak menyatu seperti kilat. Pasien juga mungkin menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Seperti mudah merasa silau dan perih ketika terpapar cahaya.

Mata muncul noda

Bila Anda menemukan adanya noda kehitaman, kebiruan, kecoklatan, kemerahan yang solid dan tidak kunjung hilang pada mata, bisa jadi ini adalah ciri-ciri kanker mata. Noda bisa berupa titik berukuran besar, atau seperti noda samar yang tidak simetris.

Mata kemerahan

Ciri kanker selalu disertai dengan peradangan, demikian pula dengan kanker mata. Biasanya ciri-cirinya berupa mata yang terus kemerahan, kadang tampak bengkak dan terasa nyeri. Bila keluhan ini tampak membandel meski sudah diobati dengan obat infeksi biasa, sebaiknya Anda mencoba pemeriksaan intensif.

Bentuk mata berbeda

Ciri-ciri penyakit kanker mata yang juga bisa cepat dikenali adalah perubahan pada mata. Bisa ditandai dengan mata yang tiba tiba menjadi jereng. Bisa berupa bola mata yang tidak seimbang posisinya kanan dengan kiri. Dapat pula berupa kelopak mata yang tampak tidak simetris. Meski tidak selamanya berarti penyakit kanker mata, sebaiknya Anda tetap periksakan diri. Karena ini identik dengan ciri-ciri kanker mata.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *