6 Kriteria Kemasan Produk Makanan yang Menarik

Jika zaman dulu pengemasan produk makanan masih berupa tempelan saja, sekarang dengan teknologi digital pengemasan produk jauh lebih modern dan menarik. Adapun dalam proses pengemasan produk makanan, dimulai dari pemesanan kepada perusahaan jasa kemasan.

Dengan melakukan pemesanan, baik melalui offline maupun online, Anda akan diberikan beberapa pilihan dari jenis kemasan. Selanjutnya keinginan Anda akan seperti apa kemasan produk tersebut dibuat menjadi referensi dan bahan ide untuk membuat kemasan yang menarik.

Oleh karenanya, Anda harus menceritakan dengan detail keinginan serta produk makanan yang akan Anda buat kemasannya. Dengan demikian perusahaan jasa kemasan dapat dengan mudah mengaplikasikan ide terbaik mereka.

Selain untuk membuat brand dan penjualan produk meningkat, pertimbangan estetika juga menjadi kriteria penting dalam pengemasan produk makanan. Berikut beberapa kriteria dalam mengemas produk makanan yang menarik.

Warna yang Menonjol  

Hal pertama yang menjadi kriteria dalam membuat kemasan produk adalah ia harus terlihat menonjol, terutama dari segi warna. Pemilihan warna yang tepat dan sesuai dengan karakter produk serta keserasian warna di bagian depan dan belakang kemasan juga menjadi hal penting yang harus dibuat menonjol.

Tujuannya adalah agar pembeli atau konsumen dapat langsung melihat produk tersebut dan tertarik untuk segera membelinya. Karena komposisi warna yang tepat dalam sebuah kemasan juga dapat membuat orang mudah mengenali produk tersebut, sekalipun diletakkan di tempat tersembunyi atau rak di belakang toko.

Konten Kemasan

Dalam membuat kemasan produk makanan, kriteria selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah konten kemasan. Konten disini tentunya berisi beragam informasi tentang apa saja yang terkandung dalam produk tersebut. Informasi yang ada biasanya juga dibutuhkan oleh konsumen.

Seperti kandungan gizi yang terdapat di dalam produk tersebut, halal tidaknya produk, terbuat dari bahan apa saja produk tersebut, termasuk tanggal berapa batas kadaluarsa produk. Selain itu jenis produk juga harus jelas tertera di bagian cover, apakah produk tersebut berupa snack atau lainnya.

Desain yang Unik

Desain kemasan tidak hanya terdapat pada tampilan, bentuk huruf dan gambar kemasan saja, tetapi juga pada bentuk kemasan yang beraneka ragam. Semakin unik bentuk kemasan produk semakin menarik dan mudah diingat orang. Selain itu, hal tersebut akan membuat produk tersebut berbeda dengan produk lainnya yang sejenis.

Adanya Kesesuaian

Tak hanya desain, kesesuaian bentuk dengan produk juga menunjang produk tersebut dapat laris dipasaran. Misalnya apabila produknya berbentuk keripik, maka kemasan harus berbentuk kantung. Untuk kemasan botol, maka produk haruslah berbentuk cair. Begitu seterusnya, bentuk kemasan harus disesuaikan dengan isi dan jenis produknya.

Mudah Dibuka dan Ditutup

Sebisa mungkin khusus produk makanan, kemasan yang dibuat haruslah dapat dengan mudah dibuka dan ditutup. Karena jika kemasan tersebut sulit dibuka, orang akan malas untuk membeli produk itu kembali.

Kedap Udara dan Air

Ini adalah kriteria yang paling penting, terlebih untuk produk makanan. Hal ini juga untuk menjaga daya tahan dan kualitas produk, jika kemasan dibuat kedap udara dan air. Selain itu, kemasan yang kedap udara dan air dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman pada makanan itu sendiri, sehingga kualitas makanan pun tetap terjaga dengan baik.

Demikian 6 kriteria kemasan produk makanan yang harus jadi pertimbangan. Apabila Anda masih kesulitan dalam menetapkan kemasan produk, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan perusahaan jasa kemasan. Salah satu rekomendasi untuk perusahaan jasa kemasan terbaik adalah Supernovadigipack.com, berikut linknya https://www.supernovadigipack.com/.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *