Jenis Ikan Patin

Tambah Wawasan, Yuk Mengenal Ikan Patin Berasal Dari Indonesia

Ikan patin memiliki potensi untuk dibudidayakan dan menjadi salah satu ikan yang populer di Indonesia. Masih memiliki ikatan kerabat dengan ikan lele, ikan patin merupakan ikan yang berhasil didomestikan. Ketika anda mendengar kata ikan patin maka yang akan terpikirkan bahwa ikan patin adalah ikan dengan banyak manfaat. Berikut yang perlu anda tahu tentang ikan patin berasal dari Indonesia.

Mengenal Lebih Dalam Seputar Ikan Patin

1. Potensi Yang Dimilikinya

Ikan patin adalah ikan yang berasal asli dari perairan Indonesia dan sudah banyak dibudidayakan. Beberapa wilayah di Indonesia pun sudah menjadi daerah yang sukses berbudidaya ikan patin. Ikan yang tidak memiliki sisik ini bahkan menjadi jenis ikan unggulan.

Dalam kurun waktu dua tahun, produksi ikan patin meningkat pesat. Bahkan tingkatan produksinya mencapai 28,91%. Dengan banyak manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsinya, tak heran pula jika jenis ikan tawar ini juga menjadi potensi ekspor perikanan Indonesia.

Jenis Ikan Patin

2.  Morfologi Ikan Patin

Ikan patin berasal dari Indonesia memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan berwarna dominasi putih. Ikan yang memiliki kumis dan hidup di air tawar ini memiliki panjang tubuh yang dapat mencapai 120 cm. Ciri utama golongan ikan yang sejenis dengan ikan patin adalah kepala ikan yang cenderung relatif kecil dengan letak mulut yang berada dibagian bawah kepala.

Ikan yang sepintas tampak seperti ikan lele ini memiliki patil di bagian sirip punggungnya yang bertujuan sebagai pelindung diri ikan. Dengan penyebarannya yang luas, ikan patin kecil dapat dijadikan sebagai ikan hias. Memiliki gaya hidup bergerombol, membuat ikan patin akan menghirup oksigen secara bersama sama ke atas permukaan laut.

3. Persebaran Ikan Patin

Menetap di dasar perairan termasuk ciri ciri yang dimiliki oleh ikan patin. Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan adalah perairan persebaran ikan air tawar satu ini. Anda dapat menjumpainya pada lingkungan perairan air tawar seperti muara-muara sungai, waduk dan sungai-sungai besar.

Wilayah persebarannya sekarang semakin bertambah dengan dibudidayakannya ikan patin. Tak hanya unggul dalam hal menjadi komoditas ekspor perikanan indonesia, jenis ikan patin yang satu ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Pastikan anda mengkonsumsinya guna mencegah berbagai macam penyakit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *