5 Kegiatan yang Dapat Anda Lakukan saat Gap Year

Terkadang seseorang hanya perlu istirahat. Baik itu setelah lulus dari sekolah menengah, setelah lulus universitas atau cuti panjang selama karir kerja. Tapi para pelajar mungkin bertanya pada diri sendiri, apakah mengambil gap year sekolah adalah keputusan yang tepat?

Jawaban “Ya” adalah yang terbaik saat ini. Jangan pernah masuk ke jurusan kuliah yang Anda benci hanya karena Anda merasa harus kuliah atau mungkin mendapat tekanan dari lingkungan sekitar Anda. 

Jangan langsung terburu-buru melakukan kegiatan yang Anda tidak senangi bahkan jika Anda melakukannya karena termakan gengsi atau tuntutan orang lain. Jika Anda mampu, istirahatlah dari rutinitas Anda.

Tetapi setelah memutuskan untuk Gap Year, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri “Apa yang dapat saya lakukan di tahun ini?”. Menunda kuliah bisa sangat melelahkan pikiran bahkan Anda bisa merasa sangat tidak berguna.

Agar gap year Anda tidak berjalan sia-sia, berikut daftar 5 hal teratas yang harus dilakukan. Harapannya Anda dapat menemukan ide dan mendorong Anda untuk memanfaatkan waktu luang dengan maksimal.

  • Jelajah Tempat Baru

Salah satu hal paling populer untuk dilakukan pada saat memutuskan gap year adalah bepergian. Inilah saatnya untuk mengeksplorasi dan memperluas pikiran Anda. Dari tempat wisata rumah terdekat, hutan-hutan di daerah Anda, pantai selatan Jawa, hingga kota-kota penuh sejarah bisa Anda jelajahi.

1. Menjadi Relawan

Menjadi sukarelawan jelas merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan ketika sudah memutuskan mengambil gap year. Memilih program relawan yang tepat bisa sangat bermanfaat. Anda akan berkontribusi pada komunitas, mempelajari keahlian baru, dan membangun kepercayaan diri.

Tentu saja Anda harus melakukan riset dan pastikan memilih program relawan yang Anda sukai. Ada program relawan di daerah kota hingga pelosok negeri yang bisa Anda pilih. Terkadang beberapa penyelenggara mengadakan tes seleksi bagi para calon relawannya, sehingga Anda harus bersiap untuk hal tersebut.

2. Menghasilkan Uang

Banyak orang memilih untuk mengambil tahun jeda mereka setelah sekolah menengah. Ini adalah waktu yang tepat untuk menghasilkan sedikit uang jika Anda berencana menabung untuk dana kuliah atau sekadar menjelajahi dunia luar seorang diri.

Gap year adalah milik Anda dan lakukan apapun yang Anda sukai. Bahkan Anda bisa membagi waktu antara bekerja dan bepergian, atau Anda bisa menggabungkan keduanya jika Anda adalah seorang penggiat media sosial.

3. Belajar Bahasa Asing

Bagi Anda yang berencana memilih jurusan bahasa, ini adalah kesempatan terbaik Anda untuk mencuri garis start. Anda bisa secara otodidak mempelajari bahasa yang Anda minati dan mencoba untuk menjadi pekerja lepas sebagai translator atau penerjemah untuk sementara waktu.

Jika nanti waktunya tiba untuk melanjutkan kuliah, Anda bisa dengan mudah mendapatkan nilai yang paling unggul atau bahkan dosen bisa menjalin kerjasama dengan Anda dan memperbesar kesempatan kerjasama dalam dunia karir.

4. Daftar Kuliah Instant Approval

Tidak perlu khawatir jika Anda masih ragu apakah akan mengambil gap year atau melanjutkan studi tetapi dengan jurusan yang kurang diminati. Sekarang Anda bisa melakukan pendaftaran kuliah secara online dan mendapat fasilitas layanan instant approval di gokampus.com.

Di sini Anda bisa memilih kampus ternama di Indonesia yang memberikan program Instant Approval seperti Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Surabaya (UBAYA), Universitas Tarumanegara, dan masih ada universitas, institut, sekolah tinggi, hingga akademi lainnya yang bisa Anda pilih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *