Inspirasi Interior Masjid di Nusantara

Setiap orang itu pastinya ingin mempunyai masjid yang menawan dengan masing-masing memiliki konsep desain interior yang menarik baik itu sebuah masjid yang besar ataupun kecil. Tapi, sebagai orang yang beragama islam maka tentunya dalam membangun sebuah masjid sebaiknya Anda tetap mengingat kalau semua rejeki untuk bisa membangun masjid merupakan pemberian dari Allah swt.

Dalam membangun serta juga mendesain masjid maka sebaiknya Anda membuat sebuah tempat ibadah yang nyaman, indah serta juga menarik yaitu dengan cara membuat desain interior masjid yang menawan. Berikut ini ada beberapa inspirasi desain interior masjid yang bisa Anda ketahui.

  • Desain Interior Masjid Dengan Menggunakan Kolam Air

Untuk inspirasi Anda dalam mendesain masjid yang pertama ini selai Anda mendesain mimbar masjid yaitu ada sebuah desain masjid yang bisa ditempatkan di belakang ataupun di samping jika Anda memiliki sebuah lahan yang lebih dengan cara menambahkan sebuah ruangan untuk bisa dijadikan tempat ibadah. Selain itu Anda juga bisa menambahkan sebuah kesan yang alami dengan cara membuat interior masjid tersebut dengan cara mendesainnya ada sebuah kolam air.

  • Konsep Minimalis 

Selanjutnya disini ada sebuah desain interior masjid yang juga tidak boleh Anda lewatkan untuk bisa mendapatkan inspirasi. Untuk sebuah desain yang satu ini, maka Anda bisa juga menambahkan sebuah ruangan yang khusus pada bagian belakang, samping ataupun juga bagian dalam masjid tersebut.

Dalam hal ini Anda bisa menambahkan sebuah sekat pembatas dengan menggunakan nuansa minimalis. Pada bagian dalamnya bisa Anda tambahkan sebuah interior yang bernuansa islami seperti layaknya sebuah masjid besar.

  • Masjid Ukuran Luas

Jika masjid yang Anda miliki mempunyai ukuran yang cukup luas serta terdapat sisa tanah ataupun lahan yang cukup luas, maka Anda bisa juga memperoleh inspirasi dari sebuah contoh gambar masjid dengan interior yang megah. Anda bisa membangun sebuah masjid dengan desain interior memanjang, dengan cara menambahkan beberapa dari interior yang terlihat bernuansa islami pada bagian dinding depannya.

  • Interior Sederhana Nuansa Islami

Kalau Anda melihat desain mimbar masjid yang terlihat sederhana tapi indah maka Anda juga menerapkan konsep ini pada desain interior masjid lainnya. Anda bisa melihat sebuah masjid dengan sebuah konsep interior yang cukup sederhana dengan adanya penambahan desain interior yang sangat khas dengan sebuah nuansa yang islami.

Anda juga bisa untuk menambahkan beberapa dari interior yang ada di dinding serta juga bagian lainnya yang bernuansa islami juga. Untuk bisa membuat udara yang ada di dalam ruangan masjid jadi lebih dingin maka Anda juga bisa untuk menambahkan sebuah kipas angin ataupun ac.

  • Masjid Sederhana

Jika Anda tidak ingin terlalu ribet ketika mendesain interior masjid maka Anda bisa menerapkan sebuah desain sederhana. Anda bisa dengan mendesain interior masjid yang sederhana dengan cara menambahkan beberapa buah hiasan dinding yang bisa menggunakan sebuah interior khas islami dari timur tengah.

  • Masjid Ukuran Kecil

Jika Anda mempunyai ukuran sebuah ruangan atau pun luas lahan masjid yang cukup terbatas, tetapi Anda tetap ingin untuk menambahkan sebuah ruangan khusus untuk ibadah maka Anda bisa memperoleh inspirasi dari berbagai desain masjid dari Turki ataupun Iran.

Anda bisa menambahkan sebuah ruangan khusus dengan ukuran 2×3 meter dengan cara menambahkan sebuah hiasan khas yang ada di masjid yang biasa terdapat pada bagian depan ataupun arah kiblat. Anda juga bisa menambahkan hiasan dinding yang biasa bertuliskan nama Allah serta Nabi Muhammad ataupun juga bisa berupa tulisan kaligrafi.

Inilah beberapa inspirasi interior masjid yang bisa menjadi sebuah ide untuk Anda terapkan di masjid. Jadi selain desain dari mimbar masjid maka Anda juga bisa menerapkan desain lainnya pada bagian tempat lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *