cara memotong dan menggabungkan video di kinemaster

Cara Memotong dan Menggabungkan Video di Kinemaster

Kini media sosial memang sudah menjadi sarana berbagi yang semakin lengkap dan tak hanya memungkinkan pengguna untuk membagikan status berupa teks dan foto, tetapi juga video.

Untuk membuat video yang menarik, pengguna pun banyak dimudahkan oleh adanya aplikasi edit video seperti halnya Kinemaster. Selain itu cara memotong dan menggabungkan video di Kinemaster yang terbilang mudah juga menarik minat banyak orang untuk ikut mencoba.

Potong dan Gabung Klip Menggunakan Aplikasi Kinemaster untuk Memaksimalkan Video

cara memotong dan menggabungkan video di kinemaster

Keterbatasan durasi video yang dibagikan di media sosial dan keinginan untuk membuat audien bertahan di unggahan tersebut menjadi salah satu alasan utama kreator menggunakan aplikasi edit video. Aplikasi seperti Kinemaster tak hanya membuat video menjadi lebih menarik, tapi juga lebih berisi karena mendukung pemotongan dan penggabungan yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat durasi.

Memotong dan menggabungkan video sendiri juga bisa ditujukan untuk menciptakan suatu alur yang menarik atau lebih informatif dan lebih mudah diikuti. Dengan begitu, Kamu sebagai kreator bisa mencurahkan ide dan pikiran secara optimal tanpa harus memaksa penonton melihat bagian klip yang mungkin dirasa kurang penting. Penonton pun tidak lekas merasa bosan dan melanjutkan scroll media sosial mereka.

Nah, salah satu aplikasi yang populer digunakan untuk keperluan edit video melalui smartphone adalah Kinemaster. Aplikasi yang bisa diinstal secara gratis ini terkenal dengan fitur berkualitas dan lengkap. Selain itu, ia juga menerapkan halaman antarmuka yang sederhana namun tetap menarik. Sudah banyak YouTuber yang mengandalkan aplikasi ini untuk unggahan mereka.

Nah cara memotong dan menggabungkan video di Kinemaster pun juga tak akan menyulitkan Kamu untuk berkreasi. Selain prosesnya mudah, Kamu juga masih bisa menambahkan berbagai macam efek, blur, sticker, pengatur kecepatan playback dan lain sebagainya. Kamu bahkan juga bisa menggunakan file audio untuk lebih mengoptimalkan video yang jadi proyek. Menarik bukan? Langsung saja, begini langkah-langkahnya:

Cara Memotong Video Menggunakan KineMaster

1. Buka aplikasi KineMaster lalu mulai proyek video baru dengan ketuk ion Plus (+).

2. Setelah itu, Kamu bisa memilih Media untuk mulai memilih video mana yang akan dipotong. 

3. Dari tampilan yang diperlihatkan aplikasi, Kamu bisa dengan mudah melakukannya cukup dengan menggeser timeline hingga sampai ke bagian yang ingin dipotong.

4. Setelah sampai di frame yang hendak di-cut, silakan Kamu ketuk agar memunculkan opsi pengaturan. 

5. Pilih Cut dengan opsi pemotongan yang bisa disesuaikan kebutuhanmu, diantaranya 

  • potong ke kiri
  • potong ke kanan
  • bagi jadi dua
  • bagi jadi dua dan sisipkan

6. Silahkan Kamu pilih sesuai kebutuhan lalu konfirmasi dengan ketuk ikon centang

7. Selesai, Kamu sudah memotong video tersebut

Lebih Jauh Membahas Pemilihan Software/ Aplikasi Edit Video, Klik Situs Referensi

Cara Menggabung Video Menggunakan KineMaster

1. Buka KineMaster lalu ketuk ikon Plus (+).

2. Selanjutnya silahkan Kamu pilih Project Assistant lalu pilih file video yang ingin digabung menjadi satu dari media browser Kinemaster.

3. Kamu juga bisa memilih banyak video sekaligus dengan cara mengakses folder tempat penyimpanan video melalui media browser Kinemaster tersebut. Pilih video-video yang Kamu ingin gabungkan sekaligus dengan menekan tahan salah satu video terlebih dahulu untuk menandai. Apabila videomu tersebar ke folder lainnya, Kamu bisa menambahkannya lagi dengan mengarahkan media browser tadi ke folder yang Kamu maksud. Lebih mudahnya, Kamu juga bisa mengumpulkan video-video tersebut ke dalam 1 folder terlebih dahulu sebelum memulai proyek.

4. Setelah semua video yang ingin digabungkan tersebut siap, Kamu bisa ketuk tombol Next. Pada tahap ini Kamu juga bisa menambahkan elemen lain ke videomu nantinya, meskipun tidak harus. Untuk pilihan audio, selain bisa menambahkan dari file yang ada, Kamu juga bisa melewatinya saja dengan langsung menekan tombol Next.

5. Seandainya sampai pada tahap ini tiba-tiba Kamu merasa ada video yang kurang, tambahkan video yang ketinggalan tersebut menggunakan media browser. Setelah semua dirasa sudah yakin dimasukkan, ketuk panah mundur atau kembali yang ada di kanan atas tampilan aplikasi atau Kamu juga bisa menggunakan navigasi Back smartphone.

6. Untuk memulai proses penggabungan, ketuk ikon Share lalu pilih opsi Save Video to Gallery. Untuk pilihan resolusi video, pilih sesuai kualitas yang diinginkan antara lain:

  • Full HD 1280×1080
  • HD 1280×720
  • Medium Quality 960×540

Di sini, sebaiknya Kamu memilih resolusi Full HD untuk kualitas terbaik untuk berbagai penggunaan. 

7. Setelah itu, tunggu prosesnya hingga selesai.

Demikianlah cara memotong dan menggabungkan video di Kinemaster untuk konten yang lebih optimal. Dengan begini, Kamu tidak perlu ketergantungan dengan PC atau laptop untuk sekedar edit video ringan di media sosial.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *