Kamu Suka Mendaik Gunung? Inilah 5 Gunung Yang Paling Banyak Digemari Para Pendaki

Mendaki merupakan salah satu aktivitas yang digemari oleh banyak orang, dan sudah menjadi destinasi wisata liburan. Meskipun, mendaki merupakan aktivitas yang melelahkan dengan berjalan menanjak membawa beban, tetapi mendaki sangat populer yang dikarenakan mendaki merupakan aktivitas yang menyenangkan dengan berjalan menanjak sambil melihat indahnya pemandangan alam. 

Namun, tidak hanya seorang yang hobi mendaki saja yang melakukannya, tetapi seorang yang bukan penggemar mendaki pun melakukannya, dan biasanya momen yang sering digunakan saat liburan akhir tahun. Pada saat akhir tahun, peningkatan aktivitas pendakian akan naik dan sudah menjadi trend bagi banyak orang. 

Dari banyaknya gunung yang ada di Indonesia, ada juga beberapa gunung yang sangat digemari oleh banyak orang untuk mengisi liburan akhir tahun mereka. Apa sajakah gunung-gunung yang menjadi favorit bagi banyak orang? Simaklah beberapa penjelasan berikut ini.

1. Gunung Merapi

Gunung pertama yang banyak digemari oleh para pendaki adalah Gunung Merapi. Pastinya gunung ini sudah terkenal, bahkan seorang yang tidak pernah mendaki gunung pun tahu tentang gunung ini. Gunung ini identik dengan Sang Pawang, Mbah Marijan yang berada di Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Sleman.

Meskipun gunung ini dikenal dengan gunung yang sering mengalami erupsi, namun tidak menjadi menurunnya tingkat pendakian di gunung Merapi, melainkan selalu ramai dikunjungi untuk menjadi tujuan pendakian. 

Dengan alasan keselamatan, gunung ini dibatasi di beberapa daerah. Untuk waktu pendakian gunung Merapi melalui Resor Selo diperbolehkan berangkat kapan saja, Untuk pendakian melalui Sapuangin hanya boleh berangkat pada pagi hari. Hal tersebut dikarenakan jarak tempuh Sapuangin 5,5 kilometer, sedangkan Resor Selo hanya sekitar 2,4 kilometer.

2. Gunung Bromo

Gunung selanjutnya adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo ini terletak di Jawa Timur dan diapit oleh empat kabupaten yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Lumajang. Gunung yang satu ini tidak kalah populernya dengan gunung yang sebelumnya. 

Disini kalian akan disuguhi pemandangan yang begitu indah dengan pesona sunrise dari puncak gunung. Gunung Bromo terletak di antara lembah lembah dan ngarai. 

3. Gunung Gede Pangrango

Gunung selanjutnya adalah Gunung Gede Pangrango. Gunung ini seringkali dikunjungi oleh para pendaki yang dikarenakan letaknya yang dekat dengan ibukota Jakarta. Tidak hanya untuk wisata pendakian saja, gunung ini sering digunakan sebagai Tempat Penelitian Flora dan Faunanya.

Gunung ini berada di Jawa Barat dan diapit oleh dua Kabupaten yaitu Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2958 mdpl banyak sekali objek yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

4. Gunung Semeru

Gunung selanjutnya adalah Gunung Semeru. Gunung ini menjadi salah satu gunung terbaik di Indonesia. Gunung Semeru memiliki ketinggian sekitar 3676 mdpl dan tidak kalah indahnya dalam menawarkan pemandangan alam yang begitu indahnya. Gunung ini berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru serta diapit dua kabupaten yakni Kabupaten Lumajang dan Malang.

Gunung tertinggi di pulau Jawa ini menyuguhkan keindahan Danau Ranu Kumbolo yang berada di dalam Taman Nasional Bromo Tengger.

5. Gunung Tambora

Gunung terfavorit di tahun 2019 yang terakhir adalah Gunung Tambora. Gunung ini dikenal dengan jalur pendakian yang begitu menantang dan sangat menguras banyak tenaga. Gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini sangat digemari oleh para pendaki, meskipun yang begitu berpotensi bahaya bagi para pendaki.

Namun, saat di puncak gunung dengan ketinggian 2851 mdpl ini kalian akan disuguhi pemandangan matahari terbenam hingga pemandangan alam lainnya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *