Tips Merawat Bunga Mawar yang Harus Anda Tahu

Bunga mawar adalah bunga yang sangat terkenal. Bunga yang memiliki banyak macam warna dan menjadi salah satu bunga paling cantik di dunia. Maka tidak heran jika banyak orang yang menanam bunga yang satu ini. Nah, bagaimana tips merawat bunga mawar yang baik dan benar?

Kali ini, kami akan membahas bagaimana caranya merawat bunga mawar agar tumbuh baik dan tentunya indah. Beberapa tips ini bisa langsung terapkan pada bunga mawar yang anda tanam. Langsung saja simak penjelasan berikut ini:

 

Ganti Pot dan Tanah

Menanam bunga mawar lebih baik dilakukan di dalam pot. Karena dengan begitu, keindahannya akan lebih terpancar. Dengan menanam di dalam pot, akar mawar akan cenderung sedikit sulit untuk menjalar ke banyak arah.

Maka dari itu, anda harus sesekali mengganti tanah di dalam pot itu. Agar nutrisi dari tanah baru terserap dan menghasilkan bunga mawar yang indah dipandang mata. Kalaupun perlu, anda juga bisa mengganti potnya agar lebih bagus dan variatif.

Mengganti tanah ini artinya tidak boleh sembarangan mengganti tanah. Anda harus memilih jenis tanah yang memiliki banyak nutrisi sehingga bisa menunjang pertumbuhan dari bunga mawar yang anda miliki.

Lakukan Penyiraman Secara Rutin

Air adalah unsur yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, termasuk bunga. Maka dari itu, untuk membuat mawar bisa tumbuh dengan baik, anda harus melakukan penyiraman dengan rutin. Sehingga, nutrisi dari dalam tanah bisa diproses karena air yang cukup.

Penyiraman secara rutin ini juga harus dilakukan tidak dengan berlebihan. Anda tidak boleh menyiram terlalu banyak ataupun menyiram terlalu sedikit. Karena hal itu sangat berpengaruh pada pertumbuhan bunga mawar yang anda miliki.

Selain itu, pastikan menyiram dengan air yang bersih dan tidak mengandung polutan yang malah berbahaya bagi kesuburan bunga mawar miliki anda.

 

Pemupukan yang Rutin

Setiap tanaman termasuk bunga sangat memerlukan pupuk. Sebuah zat yang membantu tanaman mendapatkan nutrisinya. Pupuk ini juga berfungsi sebagai zat menunjang kesuburan tanah dan tentunya kesehatan tanaman.

Pupuk yang anda berikan lebih baik pupuk organik. Memang sih efeknya tidak terlalu signifikan, dalam akan sangat baik dalam jangka waktu lama. Coba hindari penggunaan pupuk sintetis yang malah bisa membahayakan kesehatan bunga mawar anda.

Pemupukan juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Anda harus memperkirakan takaran pupuk yang anda berikan. Sehingga pemberian pupuk ini tidak malah mengganggu jalannya metabolisme bunga mawar dalam memasak makanan.

 

Rawat dari Serangan Hama

Siapa bilang bunga mawar tidak memiliki hama? Semua tanaman tentu memiliki pengganggu. Termasuk bunga mawar. Entah itu berupa ulat, serangga, ataupun hewan lain yang bisa merusak pertumbuhan bunga mawar.

Agar tercipta bunga yang indah dan nyaman dipandang, anda perlu merawat bunga mawar anda. Yaitu dengan cara memangkas daun yang telah rusak, menyemprot dengan insektisida, atau perawatan lainnya untuk mengentaskan permasalahan hama.

Jangan sampai, satu hama merusak semua daun dan bunga mawar anda. Jadi, pastikan anda memperhatikan hal ini. Karena jika hama sudah menyerang, daun bisa sampai bolong, bunga bisa rusak, dan akhirnya akan merusak estetika dari bunga mawar itu sendiri.

***

Memiliki bunga mawar memang salah satu hal yang indah. Namun anda harus memperhatikan tips merawat bunga mawar di atas. Sehingga bunga mawar yang anda miliki bisa tumbuh dengan baik dan tentunya indah dipandang mata. Selamat mencoba…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *