Usulan Konsolidasi Dari Pemerintah Ditanggapi Secara Positif Oleh Operator Seluler

Metrocd.org – Beberapa operator komunikasi menyambut baik usukan Kominfo terkait konsolidasi. Dengan melakukan konsolidasi, harapannya industri komunikasi di Indonesia semakin berkembang. Memang, jika kita lihat yang ada saat ini, para operator melakukan persaingan yang sangat sengit terhadap tarif penggunaanya. Tentunya hal ini akan berdampak dengan bingungnya para konsumen untuk memilih operator yang akan ia gunakan.

Indosat Ooredoo, Tri Indonesia, serta PT Smartfren Telecom menyampaikan bahwa mereka telah setuju mengenai konsolidasi yang diusulkan oleh Kominfo. Disampaikan Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren bahwa ia menyatakan kesetujuannya dengan usulan tersebut, namun ia tak dapat menjelaskan rencana dari Smartfren terkait hal tersebut karena itu bukan ranahnya.

“Konsolidasi kan domainnya share holder bukan level saya… Masih belum ada arahan (dari) share holder,” terang Merza. Menurut Merza, konsolidasi akan berdampak positif bagi industri telekomunikasi.

ia juga menyampaikan kalau konsolidasi ini tidak menimbulkan dampak negatif bagi operator yang terkait.

“Banyak positifnya … akan lebih mengoptimalkan resource dan menyehatkan industri,” ujarnya.

Dari pihak lain, hingga saat ini belum ada tanggapan dari Telkomsel terkait konsolidasi tersebut. hal itu sesuai yang dikatakan oleh Adita Irawati selaku Vice President Corporate Communications Telkomsel

“Buat kami yang terpenting adalah bagaimana operator tetap dapat memberikan layanan berkualitas dengan tarif yang terjangkau dan tetap dapat membangun.” Menurutnya, dampak konsolidasi baik bagi operator maupun pelanggan tergantung pada kondisi dan assessment masing-masing operator.

“Itu tergantung kondisi masing-masing operator dan bagaimana assessment masing-masing. Yang paling penting pelanggan tidak boleh dirugikan dan tetap mendapat layanan yangg memadai,” kata Adita.

Pemerintah mengusulkan konsolidasi bagi para operator dikarenakan jumlah operator seluler di Indonesia kini sangat banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *